PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BERNYANYI TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN YANG BENAR
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang : Penerapan teknik 6 langkah cuci tangan menurut WHO, pada siswa merupakan bagian penting yang harus diperhatikan guna memelihara kebersihan diri, serta meningkatkan derajat kesehatan individu. Kenyataan di Sekolah Dasar Negri Padi Gondang Mojokerto ini masih banyak yang kurang tahu tenang Cara cuci tangan 6 langkah yang benar. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan metode bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh penggunaan pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi terhadap perilaku cuci tangan yang benar pada siswa kelas I SDN Padi Gondang Mojokerto. Metode : Jenis penelitian adalah pre-experimental dengan bentuk One group pretest-posttest. Populasi adalah seluruh siswa kelas I SDN Padi Gondang Mojokerto sebanyak 21 siswa. Jumlah sampel sebanyak 21 siswa, menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi 6 langkah teknik mencuci tangan menurut WHO, dianalisis dengan uji Deskriptif ukuran tendensi sentral (mean, median, modus). Hasil : Hasil penelitian Menunjukkan sebelum diberikan metode bernyanyi didapatkan 1 siswa (4,8) perilakunya positif dan 20 siswa (95,2) perilakunya negatif dan setelah diberikan metode bernyanyi 16 siswa (76,2) perilakunya positif dan 5 siswa (23,8) perilakunya negatif. Hasil uji Deskriptif ukuran tendensi sentral (mean, median, modus) menunjukkan bahwa nilai mean pre test sebesar 30,14 dan post test 81,73 sehingga selisih keduanya yaitu 51,59. Karena nilai selisihnya > 10 maka terdapat Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Cuci Tangan Yang Benar Pada Siswa Kelas I SDN Padi Gondang Mojokerto. Kesimpulan : Metode bernyanyi dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas kesehatan dalam upaya menerapkan cara cuci tangan yang benar