PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN

Main Article Content

Irkhos Fil’ilah
Raden Bagus Asyim
Rizdyana Firmaniar

Abstract

Pelayanan kefarmasian di puskesmas adalah komponen penting dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Standar pelayanan kefarmasian di puskesmas meliputi pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai dan kegiatan farmasi klinik yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan memecahkan masalah kesehatan dan obat-obatan terkait. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan teknik sampling simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden yaitu pasien rawat jalan yang menebus resep obat di pelayanan farmasi. Setelah itu data dikumpulkan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan uji chi square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian ini memperlihatkan sebagian besar responden menilai kualitas pelayanan tergolong baik sebanyak 36 orang (60%). Sebagian besar responden memiliki tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian yang tergolong puas sebanyak 32 orang (53%). Hasil uji chi square dan diperoleh nilai signifikan ρ = 0,001 dan α = 0,05 atau (α<0,05) yang berarti H1 diterima artinya ada pengaruh antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Kesimpulannya adalah kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batang-Batang pada pasien rawat jalan sebagian besar tergolong baik, tingkat kepuasan pasien sebagian besar merasa puas dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batang-Batang Kabupaten Sumenep

Article Details

How to Cite
Fil’ilah, I., Asyim, R. B., & Firmaniar, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN. Pengembangan Ilmu Dan Praktik Kesehatan, 2(6), 360-369. https://doi.org/10.56586/pipk.v2i6.328
Section
Articles