PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA IBU HAMIL TENTANG ANEMIA

Main Article Content

Heni Frilasari
Heri Triwibowo
Dewi Erma Natalia Walten

Abstract

Salah satu factor dari beberapa faktor yang ikut berperan sebagai factor penyebab anemia adalah pengetahuan ibu hamil. Wanita hamil yang memiliki pengetahuan yang baik tentang anemia dapat membantu memahami dan mengetahui tentang anemia dalam melindungi diri dan bayinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audio visual sebelum dan sesudah terhadap peningkatan pengetahuan pada ibu hamil tentang anemia di wilayah Puskesmas Puri. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 orang ibu hamil di wilayah Puskesmas Puri dengan teknik purposive sampling diberi kriteria inklusi dan ekslusi, diperoleh sampel sebanyak 30 orang ibu hamil di Desa Banjaragung. Variabel independent dalam penelitian ini pendidikan kesehatan melalui media audio visual dan variabel dependent pengetahuan ibu hamil tentang anemia. Data di ambil menggunakan kuesioner pengetahuan. Pengolahan data dengan editing, coding, scoring, entry data, tabulating, dengan uji statistic normalitas uji Wilcoxon. Hasil penelitian pretest tingkat pengetahuan kurang 16 orang (53,3%) dan posttest tingkat pengetahuan baik18 orang (60%). Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan pada ibu hamil tentang anemia dengan nilai (p) sebesar 0,000 (p<0,05). Pemberian pendidikan kesehatan melalui media audio visual merupakan suatu upaya preventif dan persuasive dalam mengurangi resiko komplikasi anemia selama kehamilan

Article Details

How to Cite
Frilasari, H., Triwibowo, H., & Walten, D. E. N. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA IBU HAMIL TENTANG ANEMIA. Pengembangan Ilmu Dan Praktik Kesehatan, 3(6), 287-295. https://doi.org/10.56586/pipk.v3i6.402
Section
Articles