PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENCUCI TANGAN TERHADAP KOMITMEN DAN TINDAKAN SISWA TENTANG MENCUCI TANGAN MELALUI PENDEKATAN HEALTH PROMOTION MODEL NOLA J.PANDER
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang : Mencuci tangan adalah salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh seseorang berdasarkan kesadaran sehingga mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat secara mandiri. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor predisposisi terdiri dari persepsi, emosi, motivasi. Faktor kedua adalah faktor pemungkin yaitu peran keluarga, fasilitas. Faktor ketiga adalah sikap petugas kesehatan dan pendidikan kesehatan. Metode : Desain penelitian yang digunakan pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest posttest. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN X yang berjumlah 89 siswa dengan sampel 20 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dan hasilnya dianalisa menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil Ada perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan terhadap Komitmen dengan analisa Wilcoxon dengan nilai p = 0,001 dan Tindakan dengan analisa Wilcoxon dengan nilai p = 0,000. Ada Pengaruh pendidikan kesehatan mencuci tangan terhadap Komitmen danTindakan tentang mencuci tangan siswa. Kesimpulan : Diharapkan bagi perawat profesional dapat mendekatkan pelayanan dengan mengaktifkan kunjungan ke sekolah dan memberikan pendidikan kesehatan yang berkala khususnya tentang mencuci tangan (PHBS) agar siswa mengerti dan dapat menerapkan kebiasaan dalam melaksanakan mencuci tangan (PHBS)