HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DIPAUD BINA KARYA DESA KALIBUNTU KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Ns Sunanto STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
  • Maria Fudji Hastuti STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
Keywords: Tingkat Pengetahuan, Status Gizi Balita

Abstract

Nutrisi adalah proses organisme menggunakan makanan dalam konsumsi normal melalui pencernaan, penyerapan, transfortasi, metabolisme dan biaya penyimpanan zat - yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan. Pengetahuan ibu merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi gizi sehingga penulis ingin melakukan penelitian dengan judul Hubungan Status Gizi Anak Dengan Prestasi Belajar Pada PAUD Desa Bina Karya Kalibuntu Probolinggo. Penelitian ini bersifat deskriptif dan analitik, sedangkan desain penelitian adalah cross-sectional, dimana data diambil dengan menyebarkan kuesioner yang dilaksanankan pada bulan Desember 2015 dengan jumlah populasi 40 responden, sedangkan sampel yang diteliti sebanyak 40 responden yang diambil dengan total sampling. mengumpulkan data melalui editing, coding, scoring dan tabulasi, kemudian data dianalisis secara manual dan komputer dengan spearmen Range. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Hubungan Status Gizi Anak Dengan Prestasi Belajar Pada PAUD Bina Karya Rowokangkun Kecamatan Rowokangkung Lumajang, 2013. Asalkan nilai p value 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, nilai p lebih kecil dari α (0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Published
2018-01-31
How to Cite
Sunanto, N., & Fudji Hastuti, M. (2018). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DIPAUD BINA KARYA DESA KALIBUNTU KABUPATEN PROBOLINGGO. Jurnal Keperawatan, 11(1), 6. Retrieved from https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/72